Senin, 09 Juni 2014

Belitung Timur

Kabupaten Belitung Timur memi-liki potensi pariwisata sangat besar. Hamparan pasir putih, bebatuan granit dengan mozaik nan indah dan deburan air laut jernih dan terumbu karang merupakan daya tarik bagi wisatawan.
Obyek wisata yang ada antara lain :
Pantai Nyiur Melambai; Pantai ini terletak di desa Lalang, Kecamatan Manggar dan berjarak 90 km dari bandara Hanandjoedin. Garis pantai yang panjang membuat pengunjung leluasa melepas pandangan ke segala penjuru. Beberapa pohon pinus dan banyak pohon kelapa sepanjang pantai membuat indah pantai
ini. Pasir pantai yang putih dan luas sangat tepat untuk rekreasi keluarga. Ada pula beberapa perahu nelayan tradisional diparkir di satu sudut pantai. Pada saat musim panas, pengunjung dapat memanjakan mata dengan memandang warna biru air laut yang sangat indah. Pengunjung juga dapat membeli hasil karya penduduk setempat di galeri yang terdapat di pantai ini dan juga berwisata kuliner di destinasi wisata ini.
Pantai Serdang; atau disingkat Panser oleh penduduk setempat, terletak di tengah kota Manggar dan dekat dengan pasar modern Lipat Kajang. Dari bandara jaraknya 80,5 km. Dengan karakteristik pantai yang panjang berpasir putih lembut dan warna air laut yang beragam, mulai dari hijau muda sampai biru tua, membuat pantai ini sangat indah. Ditambah lagi dengan adanya pohon pinus di sepanjang pantai yang membuat pantai ini teduh. Dengan adanya warung-warung yang menjual makanan dan minuman khas daerah dan juga pantai landai yang baik untuk berenang dan snorkeling membuat destinasi wisata ini sangat cocok untuk rekreasi keluarga. Kegiatan memancing juga dapat dilakukan karena pantai ini terletak dekat dengan muara yang mengarah ke sebuah danau.
Pantai Burong Mandi; terletak di balik sebuah bukit di kecamatan Damar dan 77 km dari bandara. Garis pantai yang panjang, warna air laut yang biru dan hamparan pasir putih dapat dinikmati oleh pengunjung. Di sepanjang pantai terdapat berbagai jenis pohon-pohon sehingga pantai ini teduh. Pengunjung juga dapat melihat jajaran perahu nelayan tradisional diparkir di pinggir pantai. Bagi keluarga yang ingin rekreasi, sudah tersedia arena bermain anak dan warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman khas daerah.
Bukit Batu; Destinasi yang terletak di Kecamatan Damar ini berjarak 70 km dari bandara Hanandjoeddin. Pengunjung dapat menikmati pantai dengan batu-batuan alam besar dan kecil yang tersebar indah di sekitar pantai ini. Karena terletak di daerah perbukitan, untuk mencapai lokasi ini pengunjung harus melewati sebuah bukit. Pengunjung harus membayar uang masuk untuk menikmati tempat wisata ini sebab lokasi ini dimiliki oleh pihak swasta. Pantai ini unik karena tidak punya pantai berpasir yang lebar tapi letaknya berdampingan dengan bukit. Terdapat anak tangga sepanjang sisi bukit yang bisa dilewati pengunjung.
dan masih banyak wisata bahari yang menarik lainnya
Wisata Alam

Wisata Alama yang ada di Belitung Timur antar lain:
-Danau Mempayak; Danau ini terbentuk karena adanya penambangan timah puluhan tahun yang lalu. Letaknya 72 km dari bandara Hanandjoeddin, di desa Mempaya Kecamatan Damar. Lokasinya sangat strategis karena berada di jalur utama Manggar – Tanjung Pandan. Secara karakteristik danau ini unik karena airnya yang jernih. Di area sekitar danau terdapat warung makan dan tempat bersantai. Pengunjung dapat menikmati pemandangan danau sambil duduk santai dan menikmati kuliner yang ditawarkan.
Wisata Budaya

Museum Kata;
Musium Kata terletak di Desa Selinsing, Kecamatan Gantung. Musium ini berupa bangunan rumah tinggal tradisional. Dulu ini adalah rumah tinggal novelis terkenal Andrea Hirata. Dia adalah penulis yang menulis novel berjudul Laskar Pelangi, yang kemudian dibuat film layar lebar. Di novel ini penulis bercerita tentang kisah hidupnya semasa kecil. Dia tidak hanya menulis satu novel tapi banyak novel yang juga diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Ketika masuk ke dalam rumah ini, pengunjung akan disuguh dengan banyak kata-kata dan gambar-gambar. Suasana di dalam museum ini sangat menenangkan dan membuat pengunjung terinspirasi.
Wisata Religi

Kuil Dewi Kwan Im;
Ini adalah tempat ibadah umat Budha yang sudah berdiri selama kurang lebih 300 (tiga ratus tahun) lamanya. Berjarak 58,5 km dari bandara Hanandjoeddin, vihara ini terletak di daerah perbukitan di Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar. Bangunan ini dibangun mengikuti kontur tanah yang ada sehingga akan ditemukan batu besar di dalam vihara ini. Untuk mencapai ruang utama, yaitu ruang ibadah, pengunjung harus menaiki sebanyak 83 anak tangga. Di dalam area ibadah ini terdapat semua benda-benda yang digunakan untuk beribadah, termasuk patung Buddha yang terletak di altar dan lukisan Dewi Kwan Im. Kwan Im adalah dewi tertinggi dalam kepercayaan Budha. Mereka juga dapat memenuhi rasa keingintahuan tentang bagaimana masa depan mereka nantinya. Dari teras atas, pengunjung dapat menikmati pemandangan menakjubkan yang mengarah ke laut yaitu pantai Burung Mandi.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar