Senin, 09 Juni 2014

Perikanan : Belitung Timur


Budidaya Air Tawar
Kegiatan budidaya air tawar meliputi budidaya kolam dan tambak. Komoditas produk konsumsi yang dibudidayakan terdiri dari ikan Nila, Lele Dumbo, Patin, Betutu, Gabus, Tapa, dan Bawal serta mulai dikembangkannya budidaya Lobster Air Tawar di
Desa Senyubok Kecamatan Kelapa kampit. Sedangkan komoditas produk non konsumsi yang telah lama dibudidayakan dan termasuk ikan lokal yaitu ikan Arwana Silver yang dalam bahasa lokal seringkali disebut ikan Tekelesak.
Perikanan Tangkap
Kabupaten Belitung Timur dengan wilayah kepulauannya merupakan salah satu daerah sentra atau penghasil utama perikanan di Kepulauan Bangka Belitung.  Besarnya potensi perikanan di karenakan lokasi daerah ini secara geografis dikelilingi oleh laut dan selat.
Jenis ikan yang besar produksinya bervariasi antar kecamatan. Kecamatan Dendang misalnya, menonjol untuk jenis kepiting, udang, tembang, kerapu serta seminyak. Hal ini berbeda untuk Kecamatan Gantung yang banyak untuk jenis ikan selar, tembang dan kepiting, atau di Kecamatan manggar untuk jenis ikan Baronang, Tongkol, Kerisi dan Bawal.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar