Senin, 28 April 2014

Menikmati Kuliner Khas Belitung

Menikmati Kuliner Khas Kota Belitung


Mi Atep
mi atepMie Atep ini letaknya di pusat kota, tepatnya di Jl. Sriwijaya no. 27. Nyonya Atep yang juga pemilik warung ini rupanya sudah berjualan mie khas Belitung ini selama 39 tahun lho… mantaabb ya. Dengan puluhan tahun pengalaman pastinya Mie Atep
ini nggak mengecewakan deh. Oya meskipun penjualnya adalah keturunan Tiong Hoa tapi Mie Belitung ini dijamin halal. Sebelum makan aku langsung bertanya pada penjualnya, daripada was-was kan?? ;)
Seperti apa sih wujud Mie Atep khas Belitung ini? Mie khas Belitung ini terdiri dari mie kuning yang disiram kuah yang terbuat dari kaldu udang, teksturnya kental dan berwarna kecoklatan. Mie kemudian ditaburi udang kecil, potongan bakwan udang, irisan timun, potongan kentang rebus, taoge, dan emping melinjo sebagai pelengkapnya. Begitu Mie disiram dengan kuah udang ini, harum semerbak langsung menyapa indera penciuman kita…. Cleguukk… langsung deh nelen iler yang udah nyaris tumpah. ;) Kuah ini berwarna kecoklatan akibat dari penyatuan kaldu udang, gula aren, dan beberapa rempah khas Indonesia yang kondang.
mi atep yg mak nyuuss
Serunya lagi kita bisa menyaksikan penyajian Mie ini secara langsung lho. Begitu pengunjung datang, si empunya warung akan langsung mencelupkan mie kuning ke dalam air panas, dan setelah itu dengan sigap nya meracik semua bahan pelengkap mie, dan terakhir kuah kaldu udang disiramkan dalam keadaan panas, hhhmmm…. Sluurrppp…. Top Markotop. :)
Sup Gangan
Sebagai kota yang bersisian langsung dengan samudra, Belitung sangat terkenal dengan makanan lautnya. Berbagai macam sea food segar dengan ukuran besar siap menyapa kita di meja makan. Salah stau menu wajib yang nggak boleh terlewat adalah Sup Gangan. Sup Gangan ini nggak akan ditemukan di tempat lain lho, dijamin nyesel kalo nggak nyobain.
Sup Gangan
Sup Gangan
Gangan adalah sejenis sup ikan bercitarasa juara. Paduan rasa asam dan pedas kuahnya yang berwarna kuning terasa sangat segar, nggak ada sedikit pun tercium bau amis ikan, thanks to kunyit. Ikan yang digunakan pun khas banget, ikan Ketarap namanya. Seumur-umur baru kali itu lah aku tahu ada ikan dengan nama itu. Teksturnya si mirip ikan Tengiri tapi dagingnya jauh lebih lembut. Bagi penduduk local, juaranya ikan Ketarap adalah bagian kepalanya, terutama daging pipinya, dan aku setuju banget.
Dari penampakan kuahnya yang berwarna kuning, sekilas sup ini mirip gulai yang nggak bersantan. Warna kuning didapat dari warna alami kunyit,yang menjadi rempah utama dalam sup gangan. salah satu bahan rempah sup ini. Ada pula potongan buah nanas yang tentunya bikin sup Gangan makin segar. Sup Gangan memang dianjurkan dimasak dengan cita rasa yang pedas karena aroma pedas akan menetralisir bau amis ikan. Sepiring nasi hangat ditemani semangkuk sup Gangan di siang hari, aahhh…. What a perfect lunch. :)

Fresh Sea Food
Lupakan menu ayam atau daging, saatnya memanjakan lidah kita dengan sajian sea food yang menggoda hati. Diet??? Libur dulu lah. Lagian mana tahan liat segala rupa sajian makanan laut yang seger itu?? Ada kepiting, udang, dan cumi-cumi yang ukurannya jumbo, belum lagi ikan bakar dengan cocolan sambal kecap dengan perasan jeruk nipis yang asem pedes gimana gitu??? Setelah puas makan ikan, jangan lupa minum es kelapa muda yang fresh, langsung diunduh dari pohonnya. Makan ikan, minum air kelapa muda sambil ditemani semilir angin pantai… surge bangeeetttt. Itulah nikmatnya kalo traveling ke kota yang memang bersentuhan langsung dengan laut, nggak cuma puas main air tapi juga sepuasnya makan ikan. Udah sehat, bergizi lagi. I loooove Sea Food. ;)
yummooo...  sumber foto disini
yummooo…

Oleh-oleh khas Belitung
Jalan-jalan rasanya nggak lengkap yah kalo nggak beli oleh-oleh, terutama makanan khas nya. Seperti kebanyakan kota di Indonesia, Belitung juga punya berbagai olahan keripik dan kerupuk. Kalau kota Malang punya keripik dari berbagai jenis buah, Belitung punya keripik dari berbagai jenis sea food, pastinya ya. :) Best seller nya adalah kerupuk cumi-cumi dan kerupuk telur cumi-cumi, tapi boleh juga nyobain kerupuk ikan Tengiri nya lho, jadi bingung mau beli yang mana hehehe.
oleh2 khas Belitung
 Well…. Jangan ragu berkunjung ke kota Belitung deh. Dijamin puas liburannya, puas juga wisata kulinernya. Bonapetite. :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar