Kamis, 08 Mei 2014

BERBELANJA KE BELITUNG

 BUAH TANGAN BELITUNG


Kunjungan ke Belitung tidak akan lengkap tanpa membawa sesuatu yang khas untuk dibawa pulang. Jadi, temukanlah beberapa souvenir cantik saat Anda menyusuri pulau.

Satam
Satam adalah batu hitam seperti batu yang biasa digunakan untuk perhiasan. Hal menarik dari batu Satam adalah ukiran acak alami pada permukaannya dengan berbagai bentuk. Menurut masyarakat setempat, batu Satam hanya dapat ditemukan di Belitung dan diyakini berasal dari asteroid yang jatuh di pulau tersebut. Batu ini pada masa Hindia Belanda disebut billitonite.

Kerupuk Belitong
Terbuat dari beberapa jenis olahan laut, ada kerupuk ikan, kerupuk udang dan kerupuk cumi-cumi. Kerupuk ini dengan mudah dapat ditemukan di toko-toko di Tanjung Pandan atau Manggar.

Kerajinan Kerang
Bentuknya yang berwarna-warni sangat unik terbuat dari cangkang kerang sehingga layak menjadi souvenir untuk dibeli. Terdiri dari beberapa bentuk seperti bentuk burung, penyu laut, kuda dan lainnya. Souvenir unik ini bisa ditemukan di toko-toko kecil yang ada di Tanjung Pandan.

Belacan Belitong
Dikenal sebagai pasta udang dan merupakan jenis bumbu yang terbuat dari udang atau ikan kecil yang ditumbuk dan difermentasi atau lebih. Pasta Udang yang terkenal dari Belitung berasal dari desa Sijok (Sijuk). Kelebihan udang paste dari Desa Sijok adalah terbuat dari udang segar dan memiliki rasa yang khas. Belacan Belitong dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko atau pasar lokal di Tanjung Pandan.

Sambal Lingkong
Di Jakarta makanan ini disebut abon ikan karena lebih mirip abon dari pada sambal. Akan tetapi, masyarakat Belitung mengklasifikasikannya sebagai saus karena rasanya memang sedikit pedas. Sambal lingkong terbuat dari ikan tenggiri yang dihaluskan  dicampur cabai dan kelapa dapat dengan mudah Anda ditemukan dipasar lokal di Tanjung Pandan dan Manggar.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar